Konfigurasi Koneksi Internet Pada Mikrotik

Koneksi Internet sangatlah dibutuhkan ketika kita melakukan setting Mikrotik. untuk melakukan konfigurasi internet kita bisa menggunakan beberapa cara yaitu setting secara manual atau otomatis menggunakan dhcp client, dan pada artikel kali ini kita akan mencoba kedua-dua nya.

hal mendasar agar sebuah device baik router maupun pc dapat terkoneksi ke internet membutuhkan beberapa informasi ip yang di setting pada perangkat tersebut diantaranya ip address, subnetmask, default gateway, dns server.

 

KONFIGURASI INTERNET SECARA MANUAL

Untuk melakukan konfigurasi secara manual, hal pertama yang harus di perhatikan adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu informasi dari ip address, subnetmask, gateway dari sumber internetnya. untuk dns server kita bisa gunakan ip gateway sebagai dns ataupun menggunakan dns public seperti  milik google (8.8.8.8), speedy (202.134.0.155),  nawala (180.131.144.144)  dan lainnya. jika sudah mengetahui informasi sumber ip untuk internet, kemudian kita lakukan setting pada routernya.

Pada konfigurasi yang saya lakukan ip yang dapat digunakan untuk terkoneksi ke internet adalah 192.168.122.0/24 (tergantung koneksi masing-masing) dan gateway 192.168.122.1.

  • Pertama, lakukan konfigurasi IP Address terlebih dahulu pada menu IP -> Addresses. Kemudian tambahkan ip address yang valid untuk dapat terkoneksi ke internet. untuk interfaces arahkan ke interface ether berapa yang dikoneksikan ke jalur internet dalam praktek ini digunakan ether1 untuk menghubungkan ke internet.

  • Setelah konfigurasi ip address, kemudian lakukan konfigurasi untuk ip gateway. masuk pada menu IP -> Routes, kemudian tanbahkan ip adress untuk gatewaynya.

 

  • Lakukan konfigurasi DNS pada router, masuk ke menu IP -> DNS . kemudian setting ip address yang akan digunakan untuk dns server. pada konfigurasi dns, kita bisa memasang lebih dari 1 alamat dns server sebagai dns primary dan secondary. seperti contoh dibawah digunakan ip gateway sebagai dns primary (utama) dan dns google sebagai dns secondary (cadangan).

  • Setelah ketika setting tersebut sudah dilakukan, kemudian test koneksi pada router untuk memastikan apakah router sudah mendapatkan akses internet atau belum. buka New Terminal kemudian lakukan ping pada alamat public untuk test koneksi.

 

KONFIGURASI INTERNET SECARA OTOMATIS

Pada konfigurasi internet secara manual di atas, kita perlu mensetting beberapa konfigurasi dan harus tau terlebih dahulu tentang informasi ip internet yang digunakan agar router bisa mendapatkan akses internet.

Nah selain menggunakan cara manual, kita bisa mengkonfigurasi koneksi internet pada router lebih simpel yaitu secara otomatis menggunakan ip dhcp client. dengan cara ini router akan meminta informasi ip address pada sumber internet (router penyedia dhcp server) . jadi kita tidak perlu mensetting  untuk koneksi internet secara manual.

*NOTE : jika anda sudah mensetting secara manual mengikuti cara yang pertama, hapus terlebih dahulu supaya konfigurasi ip tidak tabrakan.

 

  • Untuk melakukan setting dhcp client, masuk pada menu IP -> DHCP Client
    • Interface = arahkan ke interface ether yang terhubung ke jalur internet.
    • User Peer DNS = dicentang jika ingin mendapatkan konfigurasi ip dns secara otomatis.
    • User Peer NTP = dicentang jika ingin mendapatkan konfigurasi IP NTP Secara otomatis.
    • Add Default Route = pilih yes jika ingin mendapatkan konfigurasi ip gateway secara otomatis.

  • jika sudah, klik apply kemudian pastikan statusnya bound  dan sudah berhasil mendapatkan informasi ip address.
  • kemudian jika jika cek maka informasi ip address, gateway dan dns akan muncul secara otomatis ditunjukkan dengan flag (dynamic).

  • Allow Remote request tetap di ceklist secara manual, gunanya supaya client yang terhubung pada router dapat menggunakan ip lokal milik router sebagai ip dns yang digunakan oleh client supaya bisa terhubung ke internet.
  • sampai tahap ini seharusnya router sudah mendapatkan akses internet. periksa dengan cara lakukan test koneksi.

Sekian*

Leave a Reply

Close Menu